pena cinta

Pentingnya Menyusun Menu Mingguan Untuk Si Kecil

15 Mar 2017 - 15:20 WIB

Dimasa tumbuh kembang anak-anak, harus tercukupi nutrisi dan gizinya. Supaya anak-anak tumbuh dengan sehat dan kuat. Dalam urursan makan anak-anak itu memang susah-susah gampang. Seorang ibu harus cerdas menyiasati beraneka menu makanan bergizi untuk anak-anaknya, supaya merasa tidak bosan. Nah muncullah pertanyaan. Pentingkah menyusun menu mingguan untuk si Kecil? Kalau saya sendiri penting sekali, dengan begitu akan menjadi suka makan dan tidak gampang bosan.

Ternyata neh mengatur menu makanan mingguan itu kegiatan yang tidak mudah, memang terlihat sederhana. Tapi, kalau dilakukan lumayan sulit. Pada kenyataannya masih banyak orang tua yang bingung mengatur menu makanan anak-anak setiap harinya. Apalagi kalau anaknya susah makan (picky eater). Sebagai orang tua tentu saja kita harus cerdas menyiapkan menu makanan untuk si Kecil yang lezat, sehat, dan bervariasi. Yang menjadi sulitnya mengatur menu adalah kurangnya informasi mengenai bahan makanan, termasuk bahan makanan alternatif yang bergizi seimbang.

Dalam acara Bicara Gizi beberapa waktu lalu (25/02) yang bertempat di Gedung Cyber 2 ruang DAI Kuningan Jakarta, hadir 2 narasumber bu Budiarti dan Chef Zulkarnaini, dengan MC mas Naufan. 

Perlukan mengatur menu mingguan untuk anak?

Bu Budiarti menjelaskan bahwa zat yang terkandung di dalam makanan dibutuhkan makhluk hidup untuk dapat tumbuh. Makro gizi itu energi yang diperlukan sekali untuk anak di massa tumbuh kembang. Sedangkan mikro gizi membantu proses metabolisme seperti vtamin, mineral dan air. Maka mengatur menu mingguan anak itu perlu sekali, supaya akan dapat terus makan makanan bergizi setiap harinya. Sehingga anak berenergi dan sehat. Anak itu perlu sekali karbohidrat, protein dan lemak. Dan kecukupan gizi si Kecil menurut usia itu berbeda-beda. 

Kalau dulu kita megenal konsep 4 sehat 5 sempurna, sekarang kita mengenal konsep gizi seimbang. Gizi seimbang dimana susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memperhatikan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Dalam menyusun makanan harus ada mikro dan makro gizi, karena ini penting banget untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Jangan samapai makan terus menerus dengan telur, itu tidak ada keanekaragamannya. Misalnya neh semenjak dini harus mulai dikenalkan makan ikan dan sayur, kalau tidak dibiasakan akan sulit kedepannya. Supaya anak tidak mengalami obesitas, penting memberikan gizi seimbang. Bisa kita perhatikan tumpeng gizi seimbang di bawah ini.

Di tumpeng gizi seimbang paling bawah kita bisa lihat, bahwa gizi seimbang harus dibarengi dengan aktivitass fisik dan olah raga, supaya bisa memantau berat badan. Karena tumpeng gizi seimbang ini menggambarkan 4 prinsip gizi seimbang, mulai dari aneka ragam makanan sesuai kebutuhan, kebersihan, aktivitas fisik, dan memantau berat badan ideal. Dalam tumpeng gizi seimbang terdiri dari 4 bagian tumpeng, mulai dari satu potongan besar (sumber karbohidrat), 2 potongan sedang (sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral), 1 potongan kecil (ada susu daging, ikan sebagai sumber protein plus minum air 8 gelas setiap hari), dan di puncak ada potongan terkecil (membatasi penggunaan gula, garam, dan minyak atau seperlunya saja).

Gizi seimbang yang diperlukan anak-anak di masa tumbuh kembangnya, juga harus terlihat di piring makanku. Dimana dalam piring makanku harus ada makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah. Dan ini menjadi sajian sekali makan, yang juga tidak boleh dilupakan adalah dengan minum air putih, kurangii gula garam dan minyak, serta cuci tangan sebelum makan supaya tetap sehat.

Mengatur menu makan untuk si Kecil

Menurut Chef Zul anak-anak itu harus dibiasakan sarapan supaya bisa beraktivitas dengan baik dan berenergi. Karena sarapan itu bisa mencegah berat badan berlebih. Usahakan juga membuat variasi menu semenarik mungkin, baik itu untuk sarapan, makan siang, makan malam dan kudapan. Berikut adalah pentingnya sarapan sehat:

  • Sarapan adalah makan terpenting dalam satu hari.
  • Sarapan berhubungan dengan kontrol berat badanyang lebih baik.
  • Meniadakan sarapan akan melambatkan metabolisme, menurunkan kadar gula merah, menurunkan level energi.
  • Sumber energy tubuh yang tinggi nutrisi, vitamin, dan mineral.
  • Menigkatkan konsentrasi, performa, kekuatan dan daya tahan tubuh.

Saat sarapan bisa yang ringan dan simpel, tapi tetap bergizi, misalnya neh susu dan dishmeal, sedangkan makan siang bisa kenalkan berbagai rasa dan tekstur baru, serta hindari makanan siap saji. Saat makan malam, usahakan untuk selalu makan bersama keluarga , sesuaikan menu makan anak dan keluarga, sertakan buah segar. Saat membuat kudapan, bisa variasikan dengan susu pertumbuhan dan hindari makanan yang mengandung pengawet ataupun pewarna.

Chef zul juga menerangkan tentang cara pengolahan makanan baik dengan blanching dan thawing. Blanching itu proses menghilangkan enzim pada sayuran agar tetap segar dengan cara menyelupkan sayuran ke dalam air mendidih sesaat. JAdinya sayuran atau buah segar akan tetap bergizi, lebih menarik, warna terlihat segar, tekstur lebih lembut, bila dimakan mentah. 

Sedangkan Thawing adalah proses mencairkan bahan pangan beku sampai dengan bahan makanan harus terbungkus dengan plastik. Mulai dari Freezer dimasukkan ke dalam chiller, menaruh bahan pangan di bawah air mengalir (makan dibungkus plasstik). Dan yang perlu diingat neh tidak boleh mendinginkan kembali makanan beku, karena itu tidak baik. 

Dalam acara ini chef Zul juga memberikan contoh menu harian murah sehat dan bergizi. Misalnya untuk senin sarapan dengan nasi goreng kunyit, makan siang dan malam oseng-oseng buncis baso, tempe goreng tepung dan buahnya melon. Melihat berbagai menu yang dicontohnya, ini adalah makanan kita setiap hari, tapi dibuat menarik, dengan begitu anak-anak akan menjadi suka dan tidak gampang bosan.

Menyusun menu mingguan untuk si Kecil memang penting sekali, supaya anak-anak bisa terpenuhi gizi dan nutrisinya di masa tumbuh kembang. Terutama dalam memberikan sarapan. 

Nah, kalau kalian sendiri sudah membuat menu apa hari ini untuk buah hati tercinta?


TAGS   Dunia anak / #BicaraGizi /


Comment

Author

Freelancer, Blogger, Buzzer, wedding Planner Twitter dan instagram : @PenaLiswanti Email : Lizmudcha627@gmail.com

Recent Post

Recent Comments

Archive